Minggu, 21 Januari 2018

PENGGANTIAN LA PHASA R PHT BANDUNG SELATAN 2

Pada tanggal 21 Januari 2018 dilaksanakan penggantian LA phasa R arah penghantar Bandung Selatan 2. Penggantian dilakukan dikarenakan dari hasil uji LCM (Leaked Current Measurment) sudah buruk ( nilai hasil uji tidak sesuai standar).



Penggantian Peralatan LA dilaksanakan oleh pihak vendor yaitu PT.BISETTA, penggantian peralatan menggunakan bantuan scaffolding dan Kren, dari pihak PLN hanya mengawasi dan melakukan pengujian tahanan ISOLASI terhadap LA yang akan dipasang.

Dibawah ini adalah LA existing yang nilai hasil Uji LCM sudah dibawah nilai standar.


Pertama-tama dilakukan Manuver pembebasan tegangan arah Pht Bandung Selatan 1, Setelah Pht BDGSLN 2 dinyatakan bebas tegangan dan PMS Tanah sudah masuk langkah selanjutnya melaksanakan saty briefing.


Saat briefing berlangsung pengawas manuver menjelaskan kondisi sistem, pengawas pekerjaan menjelaskan teknis pekerjaan dan pembagian tugas dan pengawas K3 menjelaskan mengenai keselamatan kerja dan ditutup dengan berdoa dan yel yel agar lebih semangat.

Sebelum LA baru dipasang pertama-tama dilakukan pemeriksaan fisik pada LA memastikan tidak ada bagian LA yang pecah/retak, kemudian dilakukan pembersihan Isolator dan setelah itu dilakukan pengujian Tahanan Isolasi bagian Atas Bawah LA.



counter Arrester bermerk ABB dipasang pada LA yang baru, Didalam Counter ini berisikan rangkaian elektronik beserta batere dan panel surya untuk charge batere

 Dibawah ini adalah foto-foto proses penggantian LA







untuk mengetahui nilai counter dan arus bocor pada LA kita harus menggunakan alat Transceiver,

Dibawah ini adalah foto name plate LA yang diganti

Dibawah ini adalah foto daripada Name Plate LA yang baru di pasang



Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: