Sabtu, 26 Agustus 2017

SIMULASI ASUT GELAP DI GITET SAGULING

Tanggal 26 Agustus di laksanakan Asut Gelap Line charging dari PLTA Saguling - GISTET Saguling ke GITET Cirata. Untuk itu perlu dilakukan manuver pembebasan tegangan arah penghantar Cirata 1 dan busbar A.

Manuver pembebasan Tegangan : 
09.52          PMT 7AB4         # 
09.56          PMT 7B4           # 
09.56          PMT 7AB2        #  
09.57          PMT 7AB1        # 
09.58          PMT 7A3          #  
09.58          PMT 7A2          # 
09.58          PMT 7A1          # 

Skema line charging PLTA Saguling - GITET Saguling - GITET Cirata pada tgl. 26 agustus 2017 yaitu tegangan akan dibangkitkan oleh generator Unit 1 masuk ke MTR 1 kemudian menuju ke GITET Saguling. operator di GITET Saguling akan memantau tegangan yang datang dari MTR 1 dan melaporkan ke PLTA Saguling, tegangan MTR 1 akan terus naik dari dari <200kV sampai mendekati 500kV. setelah tegangan normal mendekati 500kV maka  ( PMT 7A1 // ) tegangan akan d salurkan lewat busbar A kemudian (PMT 7AB4 //) tegangan menuju ke penghantar cirata 1 , selanjutnya dilakukan proses penutupan/Syncron di GITET cirata. Setelah syncron di GITET Cirata maka selanjutnya perlu mensyngkronkan Busbar A dan Busbar B di GITET saguling (dengan cara PMT 7B4 //). proses selanjutnya tinggal memasukan PMT 7A2, PMT 7A3, PMT 7AB2 dan PMT 7AB1. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :




Manuver Penormalan Tegangan :
10.39          PMT 7A1          //
10.42          PMT 7AB4       //  
10.49          PMT 7B4          // 
10.53          PMT 7A3         //  
10.54          PMT 7A2         //     
10.54          PMT 7AB2      //     
10.54          PMT 7AB1      //  

simulasi asut gelap bertujuan untuk mengetahui seberapa lama proses pemulihan sistem  ( dari off sampai dapat beroperasi kembali)  ketika terjadi blackout serta untuk mengetahui kesiapan peralatan.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: