Sabtu, 20 Januari 2018

PENGGANTIAN LA PHASA R PHT BANDUNG SELATAN 1

Pada hari Sabtu tanggal 20 Januari 2018 dilakukan pekerjaan penggantian LA phasa R arah penghantar bandung selatan 1, penggantian LA dilakukan dikarenakan peralatan LA yang terpasang sebelumnya miring sekitar 30 derajat ini disebabkan LA dengan Line Dropper tidak Sejajar dan  LA yang terpasang berbahan silicon/polymer sehingga LA tidak kuat menahan berat Line Dropper. Pekerjaan dilakukan Oleh vendor PT.BISETTA dari pihak PLN hanya mengawasi dan melakukan pengujian tahanan ISOLASI terhadap LA yang akan dipasang.


Pertama-tama dilakukan Manuver pembebasan tegangan arah Pht Bandung Selatan 1, Setelah Pht BDGSLN 1 dinyatakan bebas tegangan dan PMS Tanah sudah masuk langkah selanjutnya melaksanakan saty briefing.



Saat briefing berlangsung pengawas manuver menjelaskan kondisi sistem, pengawas pekerjaan menjelaskan teknis pekerjaan dan pembagian tugas dan pengawas K3 menjelaskan mengenai keselamatan kerja dan ditutup dengan berdoa dan yel yel agar lebih semangat.



Dibawah ini adalah LA existing yang mengalami kemiringan akibat menahan berat Line dropper.



Sebelum LA baru dipasang pertama-tama dilakukan pemeriksaan fisik pada LA memastikan tidak ada bagian LA yang pecah/retak, kemudian dilakukan pembersihan Isolator dan setelah itu dilakukan pengujian Tahanan Isolasi bagian Atas Bawah LA.



Proses pekerjaan LA dilakukan dengan banduan scaffolding dan kren agar mempercepat proses penggantian.



 

counter Arrester bermerk ABB dipasang pada LA yang baru, Didalam Counter ini berisikan rangkaian elektronik beserta batere dan panel surya untuk charge batere, untuk mengetahui nilai counter dan arus bocor pada LA kita harus menggunakan alat Transceiver, menurut saya sedikit lebih ribet dari pada counter LA yang biasa digunakan di GI - GI pada umumnya.


Dibawah ini adalah foto name plate LA yang diganti



Dibawah ini adalah foto daripada Name Plate LA yang baru di pasang












Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: