Senin, 29 Januari 2018

PEMASANGAN POWER QUALITY METER

Pada tanggal 29 Januari 2018 dilaksanakan pekerjaan pemasangan Power Quality Meter di GISTET Saguling
Power Quality Meter (PQM) merupakan alat yang berfungsi untuk membaca dan merekam kualitas power/daya listrik secara realtime.
Power Quality Meter biasanya dipasang di GI yang berhubungan dengan outlet pembangkit dan GI yang memiliki  Konsumen Tegangan Tinggi (KTT).
Pemasangan di GI yang memiliki KTT : Sebagai alat pembanding yang digunakan pihak PLN ketika KTT komplain ketika adanya tegangan kedip.
Pemasangan di GI yang terhubung dengan outlet pembangkit : Sebagai alat bukti yang digunakan oleh pihak PLN ketika adanya tegangan kedip yang dihasilkan oleh pembangkit sehingga pihak PLN dapat kompalin ke pihak pembangkit.

Pemasangan PQM dikerjakan oleh tim HAR PROTEKSI BC BDBRT dimana personel yang hadir saat pemasangan yaitu: aditya f., ahmad firdaus, dhiva, dibantu 2 anak PKL  dan diawasi oleh SPV Harpro yakni Triawan.
Modul Power Quality Meter

 Proses pelubangan plat panel DFR

 Proses Pemasangan modul ke plat panel DFR

Merangkai MCB dan Terminal hubung utk keperluan supply DC, PT, dan CT 

PQM dipasang di panel DFR mengingat di panel DFR terdapat space tempat dan terdapat terminal tegangan MTR1 sehingga tidak perlu jauh jauh menarik kabel.




Proses pemasangan kabel clamp CT

Sensor Tegangan daripada alat PQM dihubungkan ke terminal Tegangan MTR1 didalam panel DFR dan Clamp CT (sensor arus) dipasang di kabel Arus MTR1 didekat panel KWH MTR1.

Pemasangan kabel meter tegangan ke terminal teg. MTR1

pemasangan clamp CT di kabel meter CT kwh MTR1

Setelah sensor terpasang dan sumber supply DC juga sudah terpasang maka selanjutnya hidupkan PQM kemudian pasang kabel Lan ke perangkat PQM dan hubungkan ke router.

pemasangan kabel LAN ke perangkat Router

Setelah PQM terpasang maka perlu menyetting IP ADDRESS, SUBNET MASK, GATEWAY agar peralatan tersebut bisa terkoneksi ke jaringan internet. pastikan alamat IP ADDRESS belum terpakai sehingga tidak terjadi bentrok antar Perangkat.
Proses setting alamat IP Address, subnet mask, gateway

Cara pengecekan alamat IP ADDRESS yang masih kosong yaitu gunakan PC/Laptop yang terhubung ke jaringan internet/intranet kemudian masuk ke CMD dan ketik ping "alamat ip address kosong"-t

Setelah PQM terpasang langkah terakhir yaitu mengecek hasil pengukuran Daya, Arus dan tegangan pada perangkat PQM, bandingkan dengan KWH MTR1 untuk memastikan hasilnya sama dengan demikian bisa dikatakan perangkat PQM sudah beroperasi dengan normal.

Berikut ini foto Spesifikasi dari pada alat PQM :

Spesiikasi Alat PQM



Previous Post
Next Post
Related Posts

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site - Sign Up Bonus - Lucky Club
    Lucky Club is a gambling establishment founded in 2001, and has an luckyclub.live established reputation in Malta. It is licensed by the Malta Gaming Authority,

    BalasHapus