Minggu, 18 Februari 2018

PENGGANTIAN LMU DAN PLC PHT CIRATA 2

Pada tanggal 14 sampai 15 Februari 2018 dilaksanakan pekerjaan pemasangan panel PLC di ruangan proteksi dan melakukan pekerjaan penarikan kabel Coaxial menuju  LMU pht Cirata 2, penarikan 4 kabel ke panel proteksi cirata 2 untuk keperluan Send - Receiv DTT  serta kabel AC dan DC 48V untuk supply PLC.
wiring kabel bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Gambar wiring pemasangan PLC



Proses penarikan kabel supply AC dan DC

Proses penarikan kabel coaxial dan kabel menuju rele proteksi

Pada tanggal 17 Februari 2018 melanjutkan pekerjaan penggantian LMU dan PLC arah penghantar Cirata 2. kali ini dilakukan pemadaman penghantar cirata 2 dikarenakan akan dilakukan penggantian LMU di lapangan dan melakukan penyettingan PLC yang baru. Pekerjaan dilaksanakan oleh pihak Vendor Bumi Sentosa dan dibantu oleh Tim Telkom APB untuk pemasangan LMU dilapangan.

LMU yang lama

Proses pemasangan LMU yang baru


Pada penghantar Cirata 2 menggunakan 2 buah wave trap yang terpasang di phasa S dan T, sehingga perlu melakukan penggantian LMU sebanyak 2 buah yang nantinya di phasa S posisikan sebagai Master dan phasa T sebagai slave. foto LMU yang baru bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Proses pemasangan kabel coaxial ke LMU yang baru

LMU yang baru
Setelah penggantian LMU selesai lanjut melakukan pekerjaan pemasangan wiring AC DC di panel PLC. Agar nantinya peralatan PLC dapat dihidupkan dan dapat dilakukan penyettingan.

Proses pemasangan kabel AC DC

Setelah supply DC dipasang teknisi ABB melakukan penyettingan peralatan PLC. melakukan proses tunning frekwensi dan inject sinyal frekwensi yg akan dipakai ke GI lawan untuk mengetahui sinyal frekwensi yang disalurkan ke penghantar tersebut peredamannya kecil sehingga bagus untuk digunakan, beberapa nilai rekwensi di inject untuk mengetahui kualitas / peredaman yang dihasilkan. selanjutnya melakukan scan frekwensi untuk mengetahui range frekwensi yang akan digunakan tersebut belum ada yang mempergunakan ( cuma menjelaskan apa yang sepintas saya lihat , yang lebih tau teknis pekerjaannya orang ABB hehe ) setelah proses penyettingan selesai maka akhirnya PLC sudah bekerja normal dan dapat berkomunikasi dengan PLC di cirata.

PLC yang baru

Proses penyettingan dan scan frekwensi

Tanggal 18 Februari 2018 melanjutkan pekerjaan penggantian PLC arah Cirata 2. hari ini masih melakukan pemadaman penghantar Cirata 2. setelah pht Cirata 2 padam tim proteksi melakukan block trip dan block CBF di panel dirata 2 selanjutnya melakukan pelepasan wiring yang lama dan memasangan wiring send - receiv DTT yang baru ke panel Relay Cirata 2 pekerjaan dilaksanakan oleh mas Aditya F.

Panel proteksi Cirata 2

Proses pemasangan wiring

Terminal Send & Receiv DTT
Setelah pemasangan wiring selesai  kemudian melakukan uji Send DTT ke GI lawan serta Menerima / receiv DTT dari GI lawan. Uji coba send/receiv antar GI berhasil penggantian PLC dinyatakan  selesai langkah terakhir yaitu penormalan penghantar cirata 2.




Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: