Tanggal 02 september 2017 saat pagi hari sekitar jam 05.10 WIB saya dan rekan-rekan yang lainnya sudah siap-siap untuk melaksanakan manuver pembebasan Busbar B dan pembebasan penghantar arah Cirata 2 dalam rangka untuk melepaskan line dropper arah busbar B dan line dropper arah penghantar Cirata 2.
05.37 PMT 7B5 # 06.27 PMS Tanah Cirata 2 189E-32L //
05.40 PMS 7B5.1 # 06.30 PMS Tanah Busbar B 189E-11B //
05.40 PMS 7B5.2 # 06.37 PMS Tanah Busbar B 189E-21B //
05.45 PMT 7B1 # 06.39 PMS Tanah Busbar B 189E-31B //
05.46 PMT 7B2 # 06.44 PMS Tanah Busbar B 189E-41B //
05.46 PMT 7B4 # 06.49 PMS Tanah Busbar B 189E-51B //
05.47 PMS 7B4.1 #
05.47 PMS 7B4.2 #
05.49 PMS 7B2.1 #
05.49 PMS 7B2.2 #
05.59 PMS 7B1.1 #
05.59 PMS 7B1.2 #
06.04 PMT 7AB3 #
06.06 PMT 7B3 #
06.10 PMS 7B3.1 #
06.10 PMS 7B3.2 #
06.10 PMS 7AB3.1 #
06.10 PMS 7AB3.2 #
Setelah busbar B dan penghantar Cirata 2 dinyatakan bebas tegangan maka selanjutnya dilaksanakan safety briefing dimana pengawas manuver menjelaskan mengenai kondisi sistem saat itu, pengawas pekerjaan menjelaskan tentang teknis pekerjaan yang akan dikerjakan, pengawas K3 menjelaskan tentang keamanan saat bekerja, dilanjutkan berdoa dan melakukan yel-yel. selanjutnya dilakukan pemasangan grounding lokal dan dilanjutkan pelepasan line dropper dimulai oleh pihak vendor ( PT.Cipta mandiri dan pihak Suryana ) dimana pelaksanaan pekerjaan dikerjakan secara paralel, ada yang bekerja melepaskan line dropper di sisi busbar B oleh pihak PT.CM dan ada yang bekerja melepaskan line dropper di sisi penghantar Cirata 2 eleh pihak suryana.
Dengan memanfaatkan scafolding dan bantuan personel lift punya bandung selatan maka pekerjaan pelepasan line dropper menjadi lebih cepat selesai. Pukul 11.10 WIB pelepasan line dropper arah busbar B dan line dropper penghantar cirata 2 di diameter 3 sudah selesai dilaksanakan.
Gambar. personil akan melepas klem line dropper arah Busbar B
Gambar. personil melepas klem line dropper arah Penghantar Cirata 2
Setelah pelepasan line dropper arah busbar B dan pelepasan line dropper arah penghantar Cirata 2 selesai dilaksanakan, maka dilanjutkan penormalan Busbar B.
Langkah - langkah penormalan busbar B yaitu:
11.25 PMS Tanah Busbar B 189E-51B #
11.32 PMS Tanah Busbar B 189E-41B #
11.33 PMS Tanah Busbar B 189E-31B #
11.34 PMS Tanah Busbar B 189E-21B #
11.36 PMS Tanah Busbar B 189E-11B #
11.45 PMS 7B1.1 //
11.46 PMS 7B1.2 //
11.47 PMS 7B2.1 //
11.51 PMS 7B2.2 //
11.53 PMS 7B4.1 //
11.53 PMS 7B4.2 //
11.55 PMS 7B5.2 //
11.58 PMS 7B5.1 //
12.00 PMT 7B4 //
12.01 PMT 7B2 //
12.02 PMT 7B1 //
12.22 PMT 7B5 //
dikarenakan pekerjaan pelepasan line dropper arah busbar B dan line dropper arah pht cirata 2 lebih cepat dari waktu yang direncanakan maka dilanjutkan manuver pembebasan busbar A dan penghantar Bandung Selatan 2 dalam rangka pekerjaan melepaskan line dropper arah busbar A dan line dropper penghantar bandung selatan 2 di Diameter 3. Adapun langkah-langkah manuver yaitu :
Langkah - langkah penormalan busbar B yaitu:
11.25 PMS Tanah Busbar B 189E-51B #
11.32 PMS Tanah Busbar B 189E-41B #
11.33 PMS Tanah Busbar B 189E-31B #
11.34 PMS Tanah Busbar B 189E-21B #
11.36 PMS Tanah Busbar B 189E-11B #
11.45 PMS 7B1.1 //
11.46 PMS 7B1.2 //
11.47 PMS 7B2.1 //
11.51 PMS 7B2.2 //
11.53 PMS 7B4.1 //
11.53 PMS 7B4.2 //
11.55 PMS 7B5.2 //
11.58 PMS 7B5.1 //
12.00 PMT 7B4 //
12.01 PMT 7B2 //
12.02 PMT 7B1 //
12.22 PMT 7B5 //
dikarenakan pekerjaan pelepasan line dropper arah busbar B dan line dropper arah pht cirata 2 lebih cepat dari waktu yang direncanakan maka dilanjutkan manuver pembebasan busbar A dan penghantar Bandung Selatan 2 dalam rangka pekerjaan melepaskan line dropper arah busbar A dan line dropper penghantar bandung selatan 2 di Diameter 3. Adapun langkah-langkah manuver yaitu :
Setelah busbar A dan penghantar bandung selatan 2 dinyatakan bebas tegangan maka dilanjutkan pekerjaan melepaskan line dropper arah busbar A oleh PT.CM dan pelepasan line dropper penghantar bandung selatan 2 di Diameter 3 oleh pihak suryana.
Gambar. pelepasan line dropper arah busbar A dan pht. bandung selatan 2
Langkah-langkah penormalan busbar A :
Gambar. setelah pemasangan jumper pht. Bandung Selatan 2 - pht. Cirata 2
Foto Dokumentasi :
Gambar. Klem busbar B arah Bushing Diameter 3
Gambar. Klem bushing arah Bushing Diameter 3
Gambar. Klem arah penghantar Cirata 2 / bandung selatan 2
Pemasangan scafolding untuk pelepasan line dropper
Gambar. pelepasan Klem bushing dengan bantuan personel lift
Gambar. perakitan konduktor baru yang akan digunakan sebagai jumper
Gambar. pelepasan Klem busbar B
0 komentar: