Minggu, 03 September 2017

PENJUMPERAN PHT. BANDUNG SELATAN 2 - CIRATA 2 DALAM RANGKA OVERHAUL D.3

Tanggal 02 september 2017 saat pagi hari sekitar jam 05.10 WIB saya dan rekan-rekan yang lainnya sudah siap-siap untuk melaksanakan manuver pembebasan Busbar B dan pembebasan penghantar arah Cirata 2 dalam rangka untuk melepaskan line dropper arah busbar B dan line dropper arah penghantar Cirata 2.

Adapun langkah-langkah manuver pembebasan Busbar B dan pht Cirata 2 yaitu :
 05.37       PMT 7B5         #             06.27      PMS Tanah Cirata 2 189E-32L      //
 05.40       PMS 7B5.1      #             06.30      PMS Tanah Busbar B 189E-11B    //
 05.40       PMS 7B5.2      #             06.37      PMS Tanah Busbar B 189E-21B    //
 05.45       PMT 7B1         #             06.39      PMS Tanah Busbar B 189E-31B    //
 05.46       PMT 7B2         #             06.44      PMS Tanah Busbar B 189E-41B    //
 05.46       PMT 7B4         #             06.49      PMS Tanah Busbar B 189E-51B    //
 05.47       PMS 7B4.1      #
 05.47       PMS 7B4.2      #
 05.49       PMS 7B2.1      #
 05.49       PMS 7B2.2      #
 05.59       PMS 7B1.1      #
 05.59       PMS 7B1.2      #
 06.04       PMT 7AB3      #
 06.06       PMT 7B3         #
 06.10       PMS 7B3.1      #
 06.10       PMS 7B3.2      #
 06.10       PMS 7AB3.1   #
 06.10       PMS 7AB3.2   #
Setelah busbar B dan penghantar Cirata 2 dinyatakan bebas tegangan maka selanjutnya dilaksanakan safety briefing dimana pengawas manuver menjelaskan mengenai kondisi sistem saat itu, pengawas pekerjaan menjelaskan tentang teknis pekerjaan yang akan dikerjakan,  pengawas K3 menjelaskan tentang keamanan saat bekerja, dilanjutkan berdoa dan melakukan yel-yel. selanjutnya dilakukan pemasangan grounding lokal dan dilanjutkan pelepasan line dropper dimulai oleh pihak vendor ( PT.Cipta mandiri dan pihak Suryana ) dimana pelaksanaan pekerjaan dikerjakan secara paralel, ada yang bekerja melepaskan line dropper di sisi busbar B oleh pihak PT.CM dan ada yang bekerja melepaskan line dropper di sisi penghantar Cirata 2 eleh pihak suryana. 


Gambar.  Skema pembebasan Diameter 3


Dengan memanfaatkan scafolding dan bantuan personel lift punya bandung selatan maka pekerjaan pelepasan line dropper menjadi lebih cepat selesai. Pukul 11.10 WIB pelepasan line dropper arah busbar B dan line dropper penghantar cirata 2 di diameter 3 sudah selesai dilaksanakan.
 
Gambar. personil akan melepas klem line dropper arah Busbar B 

 Gambar. personil melepas klem line dropper arah Penghantar Cirata 2
Setelah pelepasan line dropper arah busbar B dan pelepasan line dropper arah penghantar Cirata 2 selesai dilaksanakan, maka dilanjutkan penormalan Busbar B.

Langkah - langkah penormalan busbar B yaitu:
11.25       PMS Tanah Busbar B 189E-51B    #
11.32       PMS Tanah Busbar B 189E-41B    #
11.33       PMS Tanah Busbar B 189E-31B    #
11.34       PMS Tanah Busbar B 189E-21B    #
11.36       PMS Tanah Busbar B 189E-11B    #
11.45       PMS 7B1.1      //
11.46       PMS 7B1.2      //
11.47       PMS 7B2.1      //
11.51       PMS 7B2.2      //
11.53       PMS 7B4.1      //
11.53       PMS 7B4.2      //
11.55       PMS 7B5.2      //
11.58       PMS 7B5.1      //
12.00       PMT 7B4         //
12.01       PMT 7B2         //
12.02       PMT 7B1         //
12.22       PMT 7B5         //

dikarenakan pekerjaan pelepasan line dropper arah busbar B dan line dropper arah pht cirata 2 lebih cepat dari waktu yang direncanakan maka dilanjutkan manuver  pembebasan busbar A dan penghantar Bandung Selatan 2 dalam rangka pekerjaan melepaskan line dropper arah busbar A dan line dropper penghantar bandung selatan 2 di Diameter 3. Adapun langkah-langkah manuver yaitu :
 Setelah busbar A dan penghantar bandung selatan 2 dinyatakan bebas tegangan maka dilanjutkan pekerjaan melepaskan line dropper arah busbar A oleh PT.CM dan pelepasan line dropper penghantar bandung selatan 2 di Diameter 3 oleh pihak suryana.


Gambar. pelepasan line dropper arah busbar A dan pht. bandung selatan 2

teknis pekerjaan tetap sama yaitu dilaksanakan secara paralel, ada yang bekerja melepaskan line dropper di sisi busbar A dan ada yang bekerja melepaskan line dropper di sisi penghantar Bandung Selatan 2. Setelah semua line dropper di Diameter 3 di lepaskan maka dilanjutkan pemasangan jumper / penjumperan penghantar Bandung Selatan 2 ke Cirata 2 yang dilaksanakan oleh pihak suryana. Panjang jumperan/konduktor yang akan dipasang sekitar 18 meter.  diperkirakan terjadinya swings / ayunan di jumperan saat ada angin kencang maka panjang konduktor phasa S di rubah menjadi 16,5 meter dan untuk phasa R dan T tetap 18 meter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. pukul xxx hanya phasa R saja yang terjumper dikarenakan pekerja sudah pada lelah dan waktu pekerjaan diberikan selama 2 hari maka pekerjaan pemasangan jumper arah penghantar Bandung Selatan 2 - Cirata 2 dilanjutkan keesokan harinya. selanjutnya dilaksanakan manuver penormalan Busbar A.
Langkah-langkah penormalan busbar A :

Pada tanggal 03 Sept 2017 dilakukan pemasangan jumper/konduktor phasa S dan T arah Pht bandung selatan 2 - Cirata 2 yang belum selesai dikerjakan kemarin. sebelum bekerja tetap dilaksanakan safety briefing dan hari kedua tidak ada manuver di GITET Saguling dikarenakan penghantar bandung selatan 2 dan cirata 2 masih dalam kondisi bebas tegangan. pekerjaan pemasangan jumper selesai pada pukul 11.30 WIB 
Gambar. setelah pemasangan jumper pht. Bandung Selatan 2 - pht. Cirata 2







Foto Dokumentasi :
Gambar. Klem busbar B arah Bushing Diameter 3

Gambar. Klem bushing arah Bushing Diameter 3

Gambar. Klem arah penghantar Cirata 2 / bandung selatan 2

Pemasangan scafolding untuk pelepasan line dropper

 Gambar. pelepasan Klem bushing dengan bantuan personel lift

 Gambar. perakitan konduktor baru yang akan digunakan sebagai jumper

 Gambar. pelepasan Klem busbar B


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: